Makanan Asli Betawi yang Sangat Disukai Keluarga, Mau Coba?

Sebagai kota modern, Jakarta kerap menjadi kota “lahirnya” makanan kekinian. Juga kafe dan restoran ternama dapat dengan mudah ditemukan di ibu kota. Jika saat Anda ke Jakarta merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja, cobalah makanan-makanan “tradisional” Jakarta. Ya, Jakarta juga punya makanan khasnya tersendiri yang awalnya dikenalkan oleh suku Betawi.


Meski perlahan kebudayaan Betawi mulai tergerus, namun kita masih bisa menikmati beberapa makanan Betawi yang terkenal karena citarasanya yang lezat. Lalu, makanan Betawi apa saja yang layak dicoba saat jalan-jalan ke Jakarta?

Kerak telor

Kerak telor tak hanya jadi favorit orang Jakarta, melainkan juga daerah lainnya. Banyak penjual kerak telor di luar Jakarta. Seperti namanya, kerak telor dibuat dari telur ayam atau bebek. Kemudian dipadukan dengan beras ketan putih, serundeng, dan bahan lainnya. Hal lain yang membuat kerak telor menjadi istimewa adalah cara memasaknya yang menggunakan anglo. Adonan telur dimasak hingga setengah matang di atas wajan khusus, lalu wajan tersebut dibalik sehingga telur yang dimasak menghadap ke bara pada anglo hingga matang.

Soto betawi

Soto betawi juga menjadi makanan Jakarta yang digemari banyak orang di berbagai daerah. Soto ini tak hanya terdiri dari daging, tapi juga menggunakan jeroan dan bahkan torpedo. Kuahnya yang gurih berasal dari santan dan susu. Citarasanya semakin kaya berkat penggunakan bawang merah, bawang putih, merica, jahe, jintan, cengkeh, cabai, dan lainnya. Satu porsi soto betawi umumnya disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Juga diberi sambal, acara, jeruk nipis, dan emping sebagai pelengkapnya.

Gado-gado

Gado-gado begitu populer hingga ke luar Indonesia. Bahkan oleh orang asing, makanan ini kerap disebut sebagai makanan yang wajib dicoba saat datang Indonesia. Bahan gado-gado terdiri diri aneka sayur seperti kentang, tauge, kol, dan bayam yang direbus. Lalu diberi pelengkap irisan telur, timun, dan tahu dan disiram saus kacang. Perpaduan bahan-bahan tersebut membuat gado-gado memiliki citarasa yang menyegarkan sekaligus gurih dari saus kacang yang digunakan. Supaya lebih mengeyangkan, orang-orang biasanya makan gado-gado bersama lontong.

Asinan betawi

Isian asinan betawi umumnya terdiri dari daun selada, tauge, timun, kol, dan tahu. Rasanya asam manis pedas gurih yang dihasilkan dari saus yang terbuat dari bahan dominan berupa kacang tanah goreng, cabai, dan asam jawa. Untuk memperkaya rasa, satu porsi asinan betawi juga sering disantap bersama mie kuning serta kerupuk kuning dan merah muda yang menjadi ciri khasnya.

Semur jengkol

Hidangan semur jengkol biasanya selalu tersaji di acara keluarga orang Betawi. Rasanya legit, gurih, dan rasanya manis yang dominan karena penggunaan kecap manis seperti resep semur pada umumnya. Tapi semur jengkol betawi biasanya tidak terlalu berbanyak kuah karena bumbu dimasak sedemikian rupa supaya meresap ke dalam jengkol. Sebelum diberi bumbu jengkol direbus terlebih dahulu supaya bau jengkolnya tidak terlalu kuat.