Tips dan Trik Cara Menghemat Waktu di Jalanan Ibu Kota Jakarta

Jika ditanya hal apa yang paling tidak menyenangkan dari Jakarta, sebagian besar orang pasti akan menjawab macet. Ya, mereka yang bekerja di Jakarta harus dihadapkan dengan jalanan yang padat bahkan hingga kendaraan susah bergerak. Ini menjadi terjadi hampir setiap hari terutama di jam berangkat dan pulang kerja.


Pemerintah juga sudah dan tengah berupaya untuk mengatasi masalah kemacetan di jalanan ibu kota, namun dinilai belum membuahkan hasil yang signifikan. Jadi para pengguna jalanan harus pintar-pintar mengatur siasat supaya tidak terjebak macet saat berangkat dan pulang kerja.

Berikut beberapa cara menghemat waktu di jalanan Jakarta:

Berangkat lebih awal, pulan lebih akhir

Puncak kemacetan di sebagian besar jalanan Jakarta terjadi di saat jam berangkat dan pulang kerja. Karena itu, jika Anda setiap hari harus melewati rute yang jalananya padat, Anda harus pandai dalam memperhitungkan waktu. Ada baiknya berangkat lebih pagi di mana jalanan masih cukup lengang. Sehingga waktu tempuh di jalan bisa lebih singkat.

Saat pulang kerja, tentunya tidak mungkin Anda pulang sebelum waktunya. Di lain sisi, pulang tepat waktu hanya akan membuat Anda terjebak di kemacetan. Maka dari itu, pertimbangkan untuk pulang sedikit lebih malam. Selagi menunggu jalanan lengang, Anda bisa melakukan hal produktif lain atau pergi gym yang mudah dijangkau dari tempat kerja Anda. Bagi beberapa orang, pulang telat lebih baik daripada harus berkendara di jalanan padat yang membuat stres.

Naik kereta atau pakai jasa ojol

Kereta punya jalur tersendiri sehingga tidak akan berebut jalan dengan pengguna kendaraan roda dua maupun empat. Ongkosnya juga relatif murah. Hanya saja, kereta akan berangkat sesuai jadwal yang telah ditentukan. Juga tak semua orang berkantor dekat stasiun kereta. Jika jarak tempat kerja dari stasiun kereta cukup dekat, Anda bisa memanfaatkan jasa ojek online.

Menggunakan sepeda motor

Ya, memiliki sepeda motor sangat membantu para kerja yang setiap hari harus melewati jalanan padat. Terutama bagi mereka yang tidak mungkin berangkat kerja menggunakan kereta atau terlalu mahal jika harus menggunakan jasa ojek online. Sepeda motor pribadi memungkinkan Anda memiliki mobilitas lebih sehingga sangat mudah dalam bepergian dan menembus kemacetan.

Manfaatkan aplikasi untuk menemukan rute tercepat

Aplikasi peta digital kini semakin canggih tak hanya dapat menampilkan rute dari tujuan A ke B saja. Tapi juga dapat memberi Anda alternatif rute jika rute utama sedang padat atau macet parah. Anda juga bisa mengetahui perkiraan waktu tempuh jika ingin melewati rute tersebut. Umumnya aplikasi peta digital saat ini sudah mencakup semua jalanan Jakarta sehingga dapat menampilkan titik-titik kemacetan di jam sibuk.

Sewa tempat tinggal dekat kantor

Meski Anda berangkat kerja menggunakan kendaraan roda dua, tetap saja ada mungkin harus menghadapi kemacetan di beberapa titik. Dan tentunya hal itu cukup melelahkan. Untuk efisiensi, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari tempat tinggal sewa dekat tempat kerja, baik itu berupa kamar kos, rumah kontrakan, atau apartemen.

Selain waktu tempuh, ada beberapa keuntungan lain jika Anda tinggal dekat ke tempat kerja. Misalnya, Anda tidak harus terburu-buru setiap pagi karena takut telat sehingga punya waktu untuk mempersiapkan sarapan dan bersih-bersih. Kalau ada yang ketinggalan, Anda bisa mengambilnya tanpa memakan banyak waktu. Atau pada jam makan siang, Anda bisa pulang dan menyiapkan makan sendiri sehingga bisa lebih hemat dan sehat.