10 Fakta dan Alasan Ibu Adalah Kunci Sukses Setiap Manusia

Ketika para orang sukses ditanya apa rahasia sukses mereka, jawabannya bisa berbeda. Namun kebanyakan dari mereka pasti menyelipkan jawaban kalau kesuksesan yang berhasil diraih tak lepas dari peran ibu. Ibu memang memiliki peran yang penting dalam keberhasilan seseorang. Bagaimana tidak? Selain menjadi sosok wanita yang mulia dan penuh kasih sayang, ibu juga memiliki kewajiban untuk mendidik dan menanamkan karakter yang baik kepada anak-anaknya.


Nasihat orangtua atau tradisi dalam keluarga bisa membentuk pribadi kita saat ini. Kesuksesan yang diraih saat ini pun bisa terwujud karena pelajaran penting yang ditanamkan sejak kecil oleh orangtua. Terutama ibu, orang yang memegang banyak peranan penting dalam sebuah keluarga.

Berikut adalah 10 fakta dan alasan ibu adalah kunci sukses setiap manusia:

1. Ibu sebagai pendidik

Ibu adalah guru pertama karena pendidikan anak dimulai dari keluarganya. Dan sosok ibu umumnya adalah yang paling dekat dengan anak. Ibulah yang pertama mengajarkan anak mengenali warna, berhitung, menulis, membaca, menyelesaikan masalah, hingga memperkenalkan cara-cara beribadah dan banyak lagi.

2. Ibu sebagai koki

Ibu adalah seorang koki yang selalu menyajikan makanan penuh cinta untuk keluarganya. Melalui makanan yang dibuatnya, ibu juga memastikan kebutuhan gizi anak terpenuhi sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

3. Ibu sebagai pengatur keuangan

Seorang ibu juga dituntut sebagai seorang “akuntan” di keluarganya. Ia mengatur keuangan supaya kebutuhan keluarga tercukupi. Bahkan hingga memutar otak supaya bisa menyiapkan dana pendidikan anak di masa depan.

4. Ibu sebagai sekretaris

Selain sebagai akuntan, seorang ibu juga bertindak layaknya sekretaris. Ya, ibulah yang paling diandalkan dalam mempersiapkan kebutuhan seluruh anggota keluarga.

5. Ibu sebagai konselor

Ketika anak mengalami hari yang buruk, ibu adalah sosok yang selalu bisa diajak curhat kapan saja. Mulai dari mendengarkan, menenangkan hati, hingga memberikan solusi dan masukan positif supaya anak tak murung lagi karena masalahnya.

6. Ibu sebagai pelindung

Sosok ibu selalu siap di garis depan ketika ada bahaya yang mengancam anak secara fisik maupun psikis. Ibu manapun tidak akan terima jika anaknya disakiti orang lain. Jika ada ancaman yang mulai mendekati anak, ibu akan berupaya saat itu juga untuk mengatasi ancaman tersebut.

7. Ibu sebagai motivator

Ibu tak pernah lelah memberikan semangat untuk mendukung perkembangan anak, dan selalu menginginkan yang terbaik untuk anak. Jika anak dihadapkan dengan masalah yang sangat berat sekalipun, ibu akan selalu berusaha membangkitkan semangat anak.

8. Ibu sebagai dokter keluarga

Meski tidak punya latar belakang pendidikan kesehatan, ibu adalah orang yang peka saat anak sakit. Mulai dari memberikan obat, membawa anak ke dokter, dan mengurus keperluan lain yang berkaitan dengan pengobatan.

9. Ibu sebagai penjaga kebersihan

Ibu memastikan rumah selalu dalam keadaan bersih supaya anak bisa nyaman dan fokus belajar. Kebersihan rumah juga diperhatikan betul supaya tidak berpotensi membahayakan kesehatan anggota keluarga.

10. Ibu sebagai pahlawan

Berbagai peran yang dilakoninya membuat ibu layak disebut pahlawan. Ia bahkan rela mengesampingkan keinginannya demi kebahagian anak dan selalu berupaya mendukung anak supaya bisa sukses kelak.