8 Alasan Positif Mengapa Membeli Rumah di Jakarta itu Sangat Menguntungkan, Ini Alasannya

Jakarta, ibu kota negara kita tercinta ini kerap diidentikkan dengan beberapa hal negatif seperti macet dan panas. Kendati demikian, Jakarta tetap menjadi salah satu tujuan favorit para perantau dari penjuru nusantara entah itu untuk mencari pekerjaan ataupun melanjutkan pendidikan. Perantau yang sudah memiliki karir bagus cenderung memilih untuk menetap dan membeli rumah di Jakarta.


Tak bisa dipungkiri bahwa harga rumah dijual di Jakarta sangatlah mahal. Sehingga sebagian orang mungkin berpikir kembali untuk membeli rumah dijual di Jakarta karena harga jualnya yang fantastis. Namun sebagian orang tetap mengincar rumah-rumah dijual di Jakarta karena dianggap menguntungkan. Apa alasannya?

1. Investasi jangka panjang

Pasar properti di Jakarta memang prospektif. Seperti kita tahu, Jakarta menjadi pusat pemerintahan dan salah satu pusat ekonomi terbesar. Permintaan rumah maupun apartemen di kawasan tersebut selalu tinggi. Jakarta sendiri termasuk salah satu kota dengan kenaikan harga properti tertinggi di Indonesia. Sehingga masih properti di sana masih menjadi buruan para investor. Kenaikan harga properti di Jakarta cenderung lebih cepat daripada daerah lainnya. Ketika ada pergerakan harga yang melambat, inilah waktu yang tepat untuk membeli rumah dijual di Jakarta.

2. Nilai tambah

Ketika mengontrak rumah di Jakarta, bisa dibilang Anda kehilangan nilai uang yang sudah Anda keluarkan. Seperti diketahui, harga properti cenderung naik secara cepat dari waktu ke waktu, dan hal ini beriringan dengan harga sewa yang juga naik. Hal ini mungkin menyulitkan Anda untuk menabung. Sementara dengan membeli rumah lewat KPR, nilai uang Anda setara dengan keuntungan yang diperoleh dari capital gain seiring dengan harga properti yang terus naik.

3. Keuntungan ekuitas

Memiliki rumah sendiri memungkinkan Anda untuk menjaminkannya ke bank ketika Anda memerlukan dana dalam jumlah besar. Perbedaan antara hutang yang dipinjam dari bank dan kenaikan nilai jual dari properti Anda dikenal sebagai ekuitas. Dengan memiliki rumah sendiri apalagi di Jakarta yang kenaikan harganya cenderung cepat, nilai ekuitas dari rumah yang Anda miliki akan bergerak lebih cepat daripada pinjaman.

4. Prospek bisnis yang bagus

Kawasan-kawasan di Jakarta sudah begitu ramai. Di tempat padat penduduk seperti itu, prospek bisnis menjadi lebih cerah. Mulai dari toko kelontong, warung makan, toko kue, jasa laundry, dan usaha rumahan lainnya. Kalaupun tidak ditempati, rumah Anda bisa disewakan kepada orang lain. Anda pun memperoleh keuntungan secara finasial sekaligus rumah ada yang merawat.

5. Cenderung lebih awal dalam menikmati teknologi baru

Sebagai “wajah” Indonesia, Jakarta cenderung menjadi yang pertama dalam penerapan teknologi baru. Misalnya dalam hal transportasi, Jakarta memiliki moda transportasi KRL yang memudahkan akses warga Jakarta ke berbagai kota penyangga. Yang paling baru dalah MRT (Mass Rapid Transit), yakni kereta bawah tanah sebagai angkutan cepat terpadu Jakarta.

6. Pusat pendidikan yang menyebar di berbagai titik

Jakarta menjadi tempat berdirinya sekolah-sekolah berkualitas. Memiliki rumah di Jakarta tentunya memberi keuntungan jika Anda menginginkan pendidikan terbaik dari sekolah unggulan di Jakarta. Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

7. Banyak tempat hiburan

Sebagai kota metropolitan, tinggal di Jakarta tidak akan membuat Anda bosan. Ada banyak tempat hiburan modern yang menyebar di berbagai wilayah. Seperti mall, taman rekreasi indoor, rekreasi pantai, dan museum.

8. Aset yang “membangggakan”

Mampu membeli rumah menciptakan rasa bangga tersendiri. Apalagi punya rumah di Jakarta menjadi kebanggaan yang luar biasa di kalangan para perantau yang sukses merubah nasib di ibu kota.